Peralatan Untuk Cara Membuat Mesin Las Listrik

Cara membuat mesin las listrik sederhana. Las listrik merupakan sebuah metode untuk menyambung logam bersama jalan memakai nyala dari busur listrik untuk diarahkan menuju permukaan logam. Di mana di bagian yang telah terkena oleh busur listrik tadi akan mencair, begitu pun hasil elektrode dari busur listrik encer di bagian ujungnya kemudian merambat terus hingga habis. Pengelasan memakai tenaga listrik ini terdiri atas 2 jenis, yaitu las busur nyala listrik dan las tahanan listrik. Las busur nyala listrik merupakan teknik pengelasan melalui proses perubahan arus listrik hingga menjadi panas agar dapat mencairkan atau melelehkan bagian permukaan pada benda kerja melalui pembangkitan busur listrik lewat elektrode. 
peralatan las listrik dan fungsinya,alat pengelasan listrik,fungsi holder pada las listrik,bahan las listrik,nama komponen,alat las listrik mini,harga alat las listrik 900 watt,sederhana,

Las tahanan listrik sendiri merupakan sebuah proses pengelasan melalui cara mengalirkan sebuah arus listrik lewat permukaan benda atau bidang yang hendak di sambung. Lalu, dengan sebuah tekanan yang diberikan, maka kedua bahan pun menyatu. Adapun bahan yang diperlukan oleh las busur listrik ini yaitu elektrode. Di mana elektrode tersebut dialiri arus listrik agar menghasilkan sebuah nyala busur untuk melelehkan elektrode tersebut hingga habis. Macam-macam dan jenis dari elektrode sendiri begitu banyak, untuk itu diperlukan tips memilih jenis elektrode secara tepat. Menurut bagian selaput pelindungnya sendiri, elektrode ini terdiri dari 2 macam, yakni elektrode berselaput dan elektrode polos. 

Jenis elektrode berselaput memiliki bagian fluks atau pelapis dan inti. Di mana selaput pelindung nantinya terbakar serta menghasilkan sebuah gas CO2 untuk dapat melindungi busur listrik, cairan las serta sebagian dari benda kerja udara luar. Adapun udara luar memiliki kandungan oksigen sehingga bisa menyebabkan oksidasi yang mempengaruhi kekuatan pada hasil pengelasan. Pada cara membuat mesin las listrik ini terdapat beberapa alat untuk las listrik, diantaranya:

1. Pemegang Elektroda
Biasanya ujung berselaput pada elektrode akan dijepit memakai pemegang elektrode. Biasanya terdiri atas pemegang dan mulut penjepit yang dibungkus bahan penyekat.

2. Kabel Las
Alat mesin las listrik ini umumnya terbuat dari material tembaga yang dibungkus dan dipilin, dibungkus memakai karet isolasi. Kabel las sendiri terdiri atas, kabel masa, kabel tenaga dan kabel elektrode. Kabel elektrode merupakan kabel untuk menghubungkan elektrode dengan pesawat las. Sedangkan kabel masa untuk menghubungkan benda kerja dan pesawat las. Sementara kabel tenaga sendiri merupakan kabel untuk menghubungkan pesawat las dengan jaringan listrik.

3. Sikat Kawat
Adapun sikat kawat sendiri diperlukan untuk membersihkan bagian terak las sebelumnya telah dilepas di jalur las melalui pukulan dari palu las. Fungsi lainnya yaitu untuk membersihkan benda yang hendak di las. 

4. Palu Las
Palu las ini dipakai untuk mengeluarkan dan melepaskan bagian terak las di jalur las melalui cara menggoreskan atau memukulkan ke area las. Sebaiknya pakai kaca mata yang terang ketika membersihkan terak, karena bisa memercikkan ke bagian mata Anda. 

5. Klem Masa
Dipakai untuk menghubungkan benda kerja dengan kabel masa. Biasanya terbuat dari material bahan penghantar baik seperti tembaga. Umumnya klem masa ini dilengkapi pegas kuat, untuk bisa menjepit bagian benda kerja. 

Itulah beberapa komponen atau peralatan yang berperan penting dalam cara membuat mesin las listrik.