Pengertian Mesin Stensil Listrik dan Kegunaannya

Pengertian Mesin Stensil Listrik dan Kegunaannya
Pengertian Mesin Stensil Listrik dan Kegunaannya
Pengertian mesin stensil listrik adalah mesin cetak untuk menggandakan lembaran dokumen atau memperbanyak dokumen dalam jumlah yang cukup banyak. Hasil dari mesin cetak stensil cukup berkualitas dan proses mencetaknya cepat, sehingga banyak perkantoran yang menggunakan stensil untuk menggandakan dokumen. Jika dahulu mesin cetak stensil atau sheet masih menggunakan cara manual untuk menggandakan dokumen, maka sekarang seiring dengan perkembangan teknologi yang canggih mesin stensil sudah menggunakan listrik. Kualitas hasil cetak lebih memadai dan lebih hemat waktu.
bagian bagian mesin stensil,mesin stensil spiritus,cara merawat,sejarah mesin,keuntungan mesin stensil listrik,pengertian mesin stensil spiritus,mesin perekam sheet,kelebihan dan kekurangan,

Spesifikasi Mesin Stensil Listrik

Mesin stensil memiliki ukuran yang cukup simpel dan tidak memakan tempat di ruangan yang minimalis. Mesin cetak atau sheet yang sudah menggunakan listrik ini memiliki spesifikasi ukuran kertas cetak 90x100mm. Selain itu kita juga bisa mengganti ukuran out put cetak post card, ukuran B4 dan 270x390mm. Pada mesin berteknologi terbaru ini juga memiliki kecepatan mencetak 70 paper/menit serta mampu mencetak sampai 999 halaman. Mesin stensil menggunakan teknologi cetak menggunakan tinta dengan cara kerja tinta berputar diatas permukaan kertas. Meskipun sama-sama menggunakan tinta, tetapi pengertian mesin stensil listrik dengan printer inkjet tetap berbeda. Mesin stensil listrik menggunakan tegangan listrik 220 volt dan cukup hemat tegangan listrik karena konsumsi listriknya hanya 60 watt dengan model aliran listrik AD serta ada juga yang tegangan DC.

Berbeda dengan printer inkjet atau laserjet, masin cetak stensil listrik membutuhkan alat khusus untuk bisa mencetak. Tinta yang digunakan untuk mencetak terbuat dari pasta dengan warna hitam, tinta stensil ini lebih dikenal dengan nama daito. Sedangkan media kertas yang digunakan untuk menggandakan atau sebagai master image adalah kertas stensil. Bentuk kertasnya hampir menyerupai kertas kalkir yang berfungsi sebagai media transfer dari tulisan dalam bentuk terbalik kemudian dicetak menjadi image aslinya. Jika dilihat dari media cetak yang digunakan kita bisa membedakan pengertian mesin stensil listrik dengan mesin cetak lainnya.

Bagian-Bagian Dari Mesin Stensil Listrik

Setelah Anda mengetahui pengertian mesin stensil listrik, belum lengkap jika Anda tidak mengetahui bagian-bagian yang ada dalam mesin stensil listrik. Ada banyak bagian yang memiliki fungsi masing-masing sehingga bisa menghasilkan cetakan yang baik dan sempurna. Bagian-bagian dalam mesin stensil antara lain sebagai berikut:

1. Petunjuk memasukkan kertas

Bagian ini diberi nama paper feed side guide, petunjuk ini berguna untuk memberi batas kertas sesuai dengan ukuran cetakan yang Anda inginkan.

2. Paper feed table

Merupakan tempat kertas sebelum kita akan memulai aktifitas mencetak atau menggandakan dokumen menggunakan stensil listrik.

3. Tombol press dan naik turun

Berfungsi untuk menekan kertas supaya tetap pada jalur printing, pada bagian ini kita bisa memilih model kertas pada saat mencetak dengan model kertas tipis dan kertas tebal.

Selain bagian diatas, masih banyak lagi bagian lainnya yang memiliki peran masing-masing. Demikian ulasan singkat tentang pengertian mesin stensil listrik, fungsi dan bagian dalam mesin stensil, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.
Pengertian Mesin Stensil Listrik dan Kegunaannya Rating: 4.5 Posted by: Sista Rosdyah