Bagian-Bagian Mesin Las Listrik yang Dapat Anda Ketahui

Bagian-Bagian Mesin Las Listrik yang Dapat Anda Ketahui
Bagian-Bagian Mesin Las Listrik yang Dapat Anda Ketahui
Apakah Anda mengetahui apa saja bagian-bagian mesin las listrik? Las listrik menjadi salah satu jenis las yang cukup banyak diminati. Mesin las yang satu ini dianggap lebih hemat karena dapat digunakan dengan menggunakan energi listrik. Berbeda dengan mesin las yang menggunakan bahan bakar minyak, jika harga BBM naik maka akan menyulitkan bagi pengguna mesin las tersebut. Oleh karena itu, banyak orang yang beralih menggunakan mesin las listrik. Mesin las listrik sendiri terbagi atas beberapa pilihan, Anda dapat memilih sesuai selera atau keinginan Anda.

jenis elektroda las listrik,macam macam mesin las,cara kerja las listrik,harga las listrik,pengertian las listrik,fungsi mesin las,cara menggunakan las listrik,las karbit,
Mesin las listrik dibagi atas beberapa jenis tergantung dari arah arus, besar kecilnya watt dan bahkan merek. Karena ada banyak sekali pilihan mesin las listrik di pasaran, Anda akan lebih mudah dalam memilihnya. Anda dapat memilih sesuai keinginan, sesuaikan juga dengan budget atau dana yang Anda miliki. Pasalnya, harga mesin las listrik ini juga cukup bersaing sehingga tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan penawaran harga yang berbeda-beda. Terlebih lagi pemakaian las listrik tidak hanya untuk dunia industri saja tetapi juga untuk kebutuhan rumahan.

Bagian-Bagian Mesin Las Listrik yang Berperan Penting
Berikut adalah bagian mesin las listrik yang memiliki peran penting:

- Elektroda
Sebenarnya ada beberapa bagian-bagian mesin las listrik yang cukup penting di dalamnya. Namun bagian yang paling penting adalah elektroda. Elektroda merupakan kawat las yang berfungsi sebagai pembakar ketika melakukan pengelasan. Komponen yang satu inilah yang menimbulkan busur nyala, oleh karena itu dianggap sebagai komponen yang penting. Elektroda sendiri tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, ada banyak jenis kawat yang dapat disebut sebagai elektroda. Penggunaan elektroda sangat mempengaruhi besar kecilnya arus listrik ketika melakukan pengelasan. Banyak masyarakat yang kurang paham mengenai penggunaan elektroda sehingga hanya mengandalkan insting saja.

Bagi orang awam, pengelasan menggunakan mesin las memang kebanyakan menggunakan insting. Setelah terbiasa menggunakan insting, pengalaman menjadi salah satu guru yang sangat diandalkan. Pada kenyataannya, setiap mesin las listrik terdiri dari beberapa jenis yang juga menggunakan elektroda yang berbeda-beda. Bahkan salah satu komponen dari mesin las listrik ini memiliki standar keamanan. 

- Tang las
Selain elektroda, komponen lain dari mesin las listrik yang tidak kalah penting adalah tang las. Tang ini digunakan sebagai penjepit elektroda, biasanya dibuat dari bahan embonit. Bahan embonit merupakan bahan yang dapat tahan panas dan arus listrik.

- Kabel las
Selain itu, komponen lain dari mesin las listrik yaitu kabel las. Komponen yang satu ini biasanya terdiri dari beberapa jenis. Pada mesin las biasanya terdapat kabel primer dan juga kabel sekunder (kabel las). Kabel primer sendiri merupakan kabel yang digunakan untuk menghubungkan sumber tenaga dan juga mesin las. Sementara kabel sekunder merupakan kabel yang digunakan untuk mengelas. Kabel sekunder sendiri terbagi menjadi 2 yaitu kabel penjepit elektroda (tang) dan juga kabel penjepit benda kerja (holder). Itulah sedikit informasi yang dapat disampaikan mengenai bagian-bagian mesin las listrik.
Bagian-Bagian Mesin Las Listrik yang Dapat Anda Ketahui Rating: 4.5 Posted by: Sista Rosdyah