Berisikan materi yang sama dengan soal PG b.Indonesia kelas 10 semester dua bagian ke-9 dan bagian ke-10, yaitu tentang "Buku Fiksi dan Nonfiksi", essay bagian ke-5 yang sedang Anda baca ini, merupakan lanjutan Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Wajib) bagian ke-4 (soal nomor 31-40).
Berikut, soal-soal essay bahasa Indonesia kelas x semester genap untuk siswa SMA/SMK/MAK/MA/Sederajat, dimulai dari soal nomor 41.
41. Jelaskan perbedaan antara buku fiksi dan nonfiksi.....
Jawaban: Buku fiksi merupakan buku yang berisi kisahan atau cerita yan dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang.buku nonfiksi merupakan buku yang dibuat bedasarkan fakta, realita, atau hal-hal, yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
42. Sebutkan jenis-jenis buku fiksi dan nonfiksi....
Jawaban: jenis-jenis buku fiksi, antara lain novel, cerpen, drama, puisi, dan sebagainya. Jenis-jenis buku nonfiksi antara lain buku biografi, buku motivasi, buku keterampilan, dan sebagainya.
43. Siapa saja biasanya yang membuat buku nonfiksi? Jelaskan disertai contoh....
Jawaban: dibuat oleh profesioanal di bidangnya yang ingin menyebarluaskan ilmu pegetahuan yang dimilikinya. Misalnya, buku tentang bisnis yang dibuat oleh pembisnis sukses, buku motivasi yang dibuat oleh motivator, dan sebagainya.
44. Mengapa buku nonfiksi lebih populer di kalangan pembaca yang tidak terlalu hobi membaca? Jelaskan disertai contoh....
Jawaban: karna mereka membeli buku-buku tersebut terdesak oleh kebutuhan. Misalnya, buku sukses bertanam mangga. Buku ini akan laku di pasaran, karena kebutuhan orang yang ingin bertanam mangga dengan sukses. Dengan membeli buku ini, pembaca dapat langsung memperoleh informasi mengenai cara bertanam mengga yang baik tanpa berusaha payah harus bertanya pada ahlinya.
45. Apa yang dimaksud dengan resensi....
Jawaban: kegiatan untuk mengulas atau menilai sebuah hasil karya baik itu berupa buku, novel, maupun film, dengan cara memaparkan data-data, sipnosis, dan kritikan terhadap karya tersebut.
46. Sebutkan berbagai tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan resensi buku ilmiah....
Jawaban: a. Membantu pembaca mengetahui gembaran dan penilaian umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas.
b. Mengetahui kelebihan atau kelemahan buku yang diresensi.
c. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
d. Menguji kualitas buku dengan membandingkan terhadap karya dari penulis yang sama atau penulis lainnya.
e. Memberi masukan kepada penulis buku berupa kritik dan saran terhadap cara penulisan, isi, dan subtansi buku.
47. Jelaskan unsur–unsur dalam pembuatan resensi....
Jawaban: a. Judul resensi harus memiiki keselarasan dengan isi resensi yang dibuat. Judul yang menarik juga akan memberi nilai lebih dari oada sebuah resensi.
b. isi resensi buku memuat tentang sinopsis, ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya, keunggulan dan kelemahan buku, rumusan kerangka buku dan penggunaan bahasa.
C. Pada bagian penutup biasanya berisi alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.
48. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam meresensi buku ilmiah....
Jawaban: a. Carilah dan tentukan buku fiksi dan buku nonfksi yang akan dibuat resensi.
b. Catatlah identitas buku yang akan diresensi, seperti jenis buku, judul buku, nema pengarang nama penerbit, tahun terbit, tahun cetak, jumlah halaman, jenis kertas, dan harga buku.
c. Catat dan pahami tujuan dana latar belakang penulisan buku, dengan cara membaca kata pengantar atau pendahuluan buku. Buatlah daftar pokok-pokok isi buku secara keseluruhan.
d. Tentukan kelebihan dan kekurangan isi buku
e. Tulis ringkasan materi dari buku yang dibuat resensi secara jelas dan sistematis.
f. Pada akhir resensi berilah saran dan kesimpulan, apakah buku yang kita resensi tersebut layak dibaca atau tidak.
49. Baik buku fiksi maupun nonfiksi memiliki tujuan sendiri yang ingin disampaikan kepada pembacanya. Jelaskan tentang pernyataan tersebut....
Jawaban: sebagaia pemabaca kita diberi kebebasan untuk memilih jenis buku yang paling disukai untuk dibaca atau membaca buku untuk tujuan tertentu, seperti memberi motivasi pada diri sendiri dengan membaca buku motivasi atau buku budidaya yang akan memberikan keterampilan khusus kepada pembacanya.
50. Apa yang dimaksud dengan menganalisis....
Jawaban: Menelaah adalah kegiatan mengkaji sebuah teks untuk meneliti struktur dan bahasa teks tersebut secara mendalam.
Home /
Bahasa Indonesia SMA /
Bank Soal /
Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Wajib) Part-5
Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Wajib) Part-5
Posted by
Rancak
at
Februari 03, 2021
Tags :
#Bahasa Indonesia SMA
#Bank Soal
Related : Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Wajib) Part-5
- Contoh Soal Essay Sosiologi Peminatan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-7Contoh Soal Essay Sosiologi Peminatan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-7 adalah soal essai terakhir dengan materi soal tentang Gejala Sosial dala ...
- Contoh Soal PG Bahasa Inggris Kelas XI Semester 1 K13 Beserta JawabanPart-2Contoh Soal PG Bahasa Inggris Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part-2 merupakan lanjutan soal pilihan ganda b. Inggris kelas 11 semester 1 bagian ke-1 (soal nomor ...
- Contoh Soal PAI Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawaban Part-24Contoh Soal PAI Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawaban Part-24 adalah bagian terakhir dari soal-soal pendidikan agama Islam tentang perkembangan Islam di Indonesia. Pada ...
- Contoh Soal Essay dan Jawaban Sejarah Wajib K13 Kelas XI Semester 2Part-9Contoh Soal Essay dan Jawaban Sejarah Wajib K13 Kelas XI Semester 2 Part-9 - Melanjutkan soal essai sejarah Indonesia kelas 11 semester genap bagian ke-8 (soal nomor 91- ...
- Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawaban (PG)Part5 Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawaban (PG) Part5 - Melanjutkan soal b. Indonesia kelas xii semester ganjil k13 bagian ke-4 (soal no ...