Mesin Cuci Front Loading Hemat Listrik VS Top Loading Hemat Listrik

Mesin cuci front loading hemat listrik dan top loading hemat listrik dua jenis mesin cuci yang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam kesempatan kali ini akan diberikan perbandingan antara mesin cuci front loading dan top loading dilihat dari beberapa aspek. Untuk lebih jelasnya, berikut perbandingan dari mesin cuci top loading dan front loading:

mesin cuci paling hemat listrik,harga mesin cuci hemat listrik,yang hemat listrik,yg hemat listrik,hemat listrik sharp,1 tabung hemat listrik,2 tabung hemat listrik,harga mesin cuci polytron,
1. Konsumsi air
Jika dibandingkan dari konsumsi air jelas mesin cuci front loading lebih unggul. Penggunaan air dalam mesin cuci front loading hanya sekitar 90 liter saja, sedangkan untuk mesin cuci top loading membutuhkan 2 kali lipatnya atau 180 liter. Konsumsi air antara dua mesin cuci ini tentu saja dikarenakan cara kerjanya yang berbeda. Dalam mesin cuci front loading tanpa air banyak pun pakaian tetap terendam dengan baik, sedangkan mesin cuci top loading pakaian harus terendam sepenuhnya karena perputaran mesin pada porosnya tidak seperti front loading yang diputar bolak-balik.

2. Detergen
Perbandingan lainnya atau lebih tepatnya perbedaannya yaitu dalam penggunaan detergen. Terkadang para ibu rumah tangga menggunakan detergen yang sama untuk semua jenis mesin cuci, padahal dua jenis mesin cuci front dan top loading mempunyai tipe detergen yang berbeda-beda. Sebaiknya gunakan detergen yang sesuai dengan jenis mesin cuci agar hasil dari cucian lebih maksimal. 

3. Kapasitas tabung
Kapasitas dari mesin cuci front loading dan top loading sebenarnya hampir sama sesuai dengan ukuran dari mesin cuci tersebut. Dalam pemilihan mesin cuci ini harus disesuaikan dengan tempat di mana mesin cuci akan diletakkan serta seberapa banyak baju yang akan dicuci. Semakin besar ukuran mesin cuci maka kapasitas tabungnya akan semakin besar, entah itu mesin cuci front loading maupun mesin cuci top loading.

4. Konsumsi listrik
Daya listrik mesin cuci front loading dan top loading sebenarnya bergantung dari jumlah air yang digunakan. Banyak yang beranggapan bahwa menggunakan mesin cuci top loading lebih hemat, tapi justru lebih hemat jika menggunakan mesin cuci front loading karena konsumsi daya yang kecil dan air yang dibutuhkan juga tidak cukup banyak. 

5. Harga
Masalah harga tentu saja mesin cuci top loading lebih murah dibandingkan dengan mesin cuci front loading. Harga yang harus dibayar untuk mendapatkan mesin cuci top loading mungkin hanya sekitar 2 sampai juta rupiah saja, sedangkan harga dari mesin cuci front loading bisa mencapai 5 sampai dengan 10 juta rupiah.

Dari perbandingan antara mesin cuci front loading dan top loading ini bisa dilihat bahwa mesin cuci front loading lebih banyak mempunyai keunggulan dibandingkan dengan mesin cuci yang top loading. Kedua jenis mesin cuci ini tentu saja bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda para ibu rumah tangga yang ingin dimudahkan dalam hal mencuci baju. Mesin cuci front loading terbaik bisa Anda dapatkan dari berbagai merek dan yang penting dalam pemilihan mesin cuci front loading hemat listrik disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Mesin Cuci Front Loading Hemat Listrik VS Top Loading Hemat Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah